Sharing Peningkatan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Terkait Multiple Intelligence
#SahabatLuarBiasa
Priyadarshini (2015) menemukan bahwa pada siswa Disabilitas Netra Low Vision terdapat talenta seperti musik, lingustik dan interpersonal. Dalam teori Howard Gardner (1999) tentang teori Multiple Intlegence berarti siswa tersebut memiliki kecerdasan musical. Nah dengan demikian ternyata peserta didik berkebutuhan khusus memiliki potensi besar dan kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi optimal dengan memberikan rancangan program layanan yang tepat untuk mereka.
Sahabat penasaran kan bagaimana mengembangkan potensi Peserta didik berkebutuhan khusus terkait multiple intelligence ? Yuk simak Program SMILE PPPPTK TK dan PLB akan membahas tentang “Peningkatan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Terkait Multiple Intelligence”
pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 pukul 14.00 s.d 15.00 WIB bersama Bapak Gunawan Tanuwidjaja ST. MSc. @gunteitb2012 beliau adalah Dosen Universitas Petra, Surabaya dan Kandidat Ph.D Queensland University of Technology, Brisbane, Australia yang akan disiarkan langsung melalui LIVE Instagram p4tk.tkplb.kemdikbud. Sehingga mari mencari mutiara- mutiara potensi dan bukan keterbatasannya.
Di bulan Juli ini, dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2020, PPPPTK TK dan PLB berkolaborasi dengan @kelasbersammakita dan @radio_edukasi . Sederet acara edukatif bertemakan anak, akan mewarnai Live IG, YouTube, dan FB. Hal ini tentu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
Bagi penonton LIVE IG kali ini jangan lupa untuk lakukan registrasi pada SIMPek PTK, kemudian lakukan presensi, isi evaluasi, dan mengisi jurnal setelah menonton tayangan.
Lalu, Sahabat tinggal klik tombol sertifikat untuk mendapatkan sertifikat digital dari PPPPTK TK dan PLB.
Materi presentasi rangkuman diskusi dapat diakses di
PPT Publik PPPPTK TK dan PLB dan Kelas Bersama – Peningkatan Potensi Anak Disab dengan MI
https://drive.google.com/drive/folders/1W2IEtKef_mRIebz5B_SZNn7Y9hQ7lf7J?usp=sharing
Beberapa paper penunjang dapat diakses di link ini:
– Wulandari, D., Wardhani, D.K., Tanuwidjaja, G., Ariyanto, M.D., Susanto, C., & Sumoprayogo, M.M., (2017), Creative Storytelling Disseminating the Ideal City and Healthy, Accessible House, Paper presented at the The 4th International Conference on Creative Industry: Creative Experience, , Surabaya, Indonesia, Retrieved from : http://repository.petra.ac.id/18291/
– Tanuwidjaja, G., (2013) Implementasi Service Learning dalam Desain Inklusi di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa – A Yayasan Pendidikan Anak-Anak Tuna Netra, (SMPLB-A YPAB), Surabaya SHARE: SHaring – Action – REflection, Vol 1 (No 1 (2013). pp. 14-22. ISSN 2338-7886.Retrieved from: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16639
#gurupenggerak #guruberbagi #kelasbersamakita #radioedukasi #harianaknasional2020 #belajardaricovid19 #merdekabelajar #p4tktkplb #BicaraTKPLB